Rabu, 30 Januari 2013

Ukuran Kelamin Terlalu Kecil, Apakah Kelainan?


(Foto: thinkstock)
Dok saya mau tanya, setiap kali saya berhubungan intim dengan pasangan saya, saya selalu cepat keluar ketimbang pasangan saya.

Lalu pasangan saya mengeluhkan ukuran penis saya yang terlalu kecil yang hanya 13 cm kalau sedang ereksi. Apa itu merupakan suatu kelainan? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Firman (Pria, 23 tahun), aldiXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 171 cm dan Berat Badan 74 kg

Jawaban

Ukuran penis 13 cm relatif normal. Yang penting bukan panjangnya, tapi ereksinya keras, tegangnya cukup lama.

Yang Anda alami kemungkinan adalah Ejakulasi Dini (ED), yang biasa dialami oleh pasangan muda. Proses ML hingga bisa melakukan hubungan intim yang saling memuaskan, memerlukan orientasi, pembelajaran. Anda dan pasangan harus sabar dan bisa bekerja sama.

Patut pula diketahui, hubungan seksual harus dilakukan pada kondisi kebugaran jasmani optimal, ketenangan psikis (tidak sedang stres) serta suasana lingkungan yang tidak mencekam.

Yakinlah, melalui perjalanan waktu, Anda dan pasangan akan mampu melakukan hubungan intim yang berkualitas, terutama bila kelak sesudah Anda dalam hubungan pernikahan dengan dia.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(mer/vit)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini

 
Copyright © 2011. Tips Hidup Sehat . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates