Kamis, 21 Maret 2013

Hirup Aroma Minyak Zaitun Bisa Bikin Anda Tahan Lapar


Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Kalau sudah lapar, apa saja makanan di hadapan Anda pasti langsung dilahap habis. Padahal mungkin Anda sedang diet atau berada di jam-jam rawan di mana lemak mudah menumpuk di dalam tubuh.

Beruntung baru-baru ini sekelompok peneliti dari Jerman menemukan bahwa menghirup aroma minyak zaitun saja sudah dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga terhindar dari ngemil atau makan makanan yang tak sehat.

Peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun ataupun ekstrak dari aromanya dilaporkan mengalami peningkatan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan hormon yang memberikan sinyal pada otak bahwa seseorang merasa kenyang.

"Banyak orang yang mengaitkan antara aroma minyak zaitun yang kuat dengan aroma makanan. Lagipula ekstrak aromanya juga dapat merangsang reseptor di dalam usus untuk melepaskan serotonin," terang salah satu peneliti Robin Dando, Ph.D., asisten profesor dari Cornell University, AS.

Sejumlah studi lainnya juga menunjukkan bahwa aroma makanan lain seperti stroberi dan pisang dapat memicu perasaan kenyang, sama halnya dengan minyak zaitun.

Tapi jangan sekali-kali gunakan stok minyak zaitun lama. Seperti dilansir dari menshealth, Kamis (21/3/2013), menurut studi ini, semakin baru minyaknya akan semakin baik karena kekuatan antioksidan yang dikandungnya lebih besar sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat membersihkan pembuluh darah.


(vit/vit)
 
Copyright © 2011. Tips Hidup Sehat . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates